Luhur Muhammad Fatah

Santri - Blogger - Web Desaigner - Pesilat Pagar Nusa

Email : lm.fatah@gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/luhurfatah
Google + : https://plus.google.com/114850062185021045978
Twitter : https://twitter.com/luhurfatah

Saturday, 27 December 2014

Apa itu SEO? Mengenal SEO Lebih dalam

pengertian seo image

Pengertian SEO secara bahasa adalah "Optimalisasi Mesin Pencarian" maksudnya adalah himpunan berbagai macam cara yang dapat kita semua tempuh agar website kita dapat Ter-optimalisasi dengan baik di Mesin pencarian atau dengan kata lain Cara yang dapat kita tempuh agar website atau blog kita dinilai baik di mesin pencarian baik Google, Bing, Yahoo, Ask dan lain lain agar website kita dapat dipercaya oleh mereka sehingga website kita dapat menempati pejwan (Page One) dari tiap tiap mesin pencarian tersebut. Dengan pejwannya web atau blog kita dimesin pencari, Web kita akan mendapatkan traffik yang jauh lebih besar dibandingkan dengan sebelum web kita ter-optimalisasi.

Fungsi SEO

Fungsi SEO ( Search Engine Optimization ) secara umum adalah untuk meningkatkan traffik atau pengunjung blog anda dengan cara memperkuat posisi blog anda di SE (Serach Engine) agar blog anda bisa masuk pejwan dari mesin mesin pencari yang sudah saya sebutkan diatas.

Karena menurut riset yang dilakukan oleh salah satu perusahaaan riset terkenal yaitu Forrester Research, mengatakan bahwa "87% pengunjung website datang dari halaman 1", yang artinya jika blog anda tidak dapat masuk ke halaman 1 dengan keyword anda maka potensi pengunjung akan melihat blog anda pun semakin sedikit, untuk itu usahakan sebisa mungkin agar keyword yang anda tuju dapat masuk ke halaman 1 (pejwan) dari tiap tiap mesin pencari (terutama Google) agar traffik blog anda dapat meningkat.

Riset lain menunjukan (masih dari perusahaan yg sama) bahwa “75% pengunjung tidak pernah melihat lebih dari halaman 4”  artinya jika sampai website anda tidak dapat masuk ke setidaknya halaman 4 SE maka jangan harap anda bisa mendapatkan banyak traffik.

Fungsi lain dari SEO adalah sebagai Ladang untuk berbisnis, ini dilakukan oleh para master SEO yang memang usahanya adalah sebagai penyedia jasa SEO, mereka (bisa dikatakan) menyewakan ilmu SEO yang mereka miliki kepada orang dengan harga (biasanya) yang lumayan, dengan maksud agar website si customer bisa nangkring di pejwan SE.

Pembagian SEO

Menururt Pengoptimalannya 
( Maksudnya letak daerah dimana pengoptimalan SEO dilakukan )
dibagi menjadi dua, yaitu :

On Page SEO
On Page SEO, dilihat secara bahasa saja mungkin anda sudah bisa menebak dimana letak pengoptimalan SEOnya. ya, betul sekali, On Page SEO adalah Optimalisasi Mesin Pencarian yang dilakukan di halaman log anda sendiri, artinya pada On Page SEO hanya ada anda dan website anda, tidak ada pihak lain yang ikun campur dalam On Page SEO ini, artinya berhasil atau tidaknya website anda dalam On Page SEO ya bergantung pada anda sendiri bukan orang lain. Berbanding terbalik dengan Off Page SEO yang sangat memerlukan pihak luar dalam pengerjaannya dan berhasil atau tidaknyapun juga masih tergantung dengan pihak luar tersebut. 

Contoh SEO On Page :
  • Pemilihan Domain yang Tepat
  • Meta Tag
  • Pemasangan Heading (H1, H2, H3)
  • Tag title dan alt
  • Penggunaan bold, underline dan italic pada keyword
  • Peletakan Keyword yang tepat
  • dan masih banyak lagi.
Off Page SEO
Adalah kebalikan dari On Page SEO, pada Off Page SEO peranan pihak luar sangatlah besar, Tujuan dari teknik Off Page SEO ini adalah agar SE mengetahui bahwa situs anda telah di percaya disitus lain ( Terutama situs situs yang Relevan dengan situs anda).

Contoh SEO Off Page :
  • Ping Blog
  • Men-share situs anda ke Media Sosial ( Terutama G+ )
  • Men-submit blog anda Ke SE, seperti Google, bing, yahoo, ask dll.
  • Mencari Backlink
  • dan masih banyak lagi
Menurut Alirannya, SEO di bagi menjadi dua juga, yaitu White Hat dan Black Hat.

White Hat SEO
Adalah sebuah aliran SEO yang sangat menjunjung tinggi (maksudnya mematuhi) aturan aturan dari mesin pencarian, dengan kata lain, teknik ini dalam pengerjaannya menganut ajaran "Pelan Tapi Pasti" artinya sebisa mungkin melakukan Optimalisasi dengan Natural tanpa campur tangan bot dan lain lain. Teknik ini adalah teknik yang diperuntukan bagi anda yang menginginkan blog anda berjaya dengan lama, artinya blog anda bisa mendapatkan traffik dan rangking SE dalam jangka yang lama. Tetapi dengan proses yang relatif lama juga.

Black Hat SEO
Aliran ini adalah aliran yang menurut saya sangat agresif, karna biasanya para pengguna teknik ini menginginkan traffik banyak dengan jangka waktu yang singkat, Mereka menggunakan berbagai macam cara agar website mereka cepat rangking di SE, seperti spamming, atau peletkan keyword yang sangat berlebihan dll. Mungkin mereka memang bisa mendapatkan rangkin SE dengan cepat, tapi semuai itu hanya bersifat sementara atau bertahan dalam waktu yang relatif lebih singkat dibanding dengan White Hat SEO. Karna SE adalah robot yang pintar, seperti google yang selalu mengupdate algoritmanya sehingga banyak teknik black hat yang akhirnya terberantas oleh algoritma google tersebut.

Mungkin, hanya ini yang bisa saya sampaikan mengenai "Pengertian SEO dan Mengenal SEO Lebih dalam" dan jangan lupa untuk terus Belajar SEO, agar kemampuan SEO anda dapat meningkat.

2 comments:

  1. Waduh, saya kira hanya definisi dari SEO, ternyata pembahasannya lengkap ya. Terima kasih mas atas informasinya.

    Baca artikel saya ya Jokowarino.ID Komunitas Blogger Indonesia

    ReplyDelete
  2. Terimakasih mas, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete